Arti dan Pentingnya Pendidikan Jasmani pada Siswa SD

Arti dan Pentingnya Pendidikan Jasmani pada Siswa SD
1.      Pendidikan jasmani
Pendidikan Jasmani pada hakekatnya adalah pembelajaran gerak melalui aktivitas jasmani yang membentuk watak, nilai dan sikap yang dilakukan secara sadar dan sistematis. pendidikan jasmani merupakan bagian yang tidak dapar dipisahkan dari program pendidikan. Pendidikan jasmani biasanya ditanamkan sejak usia dini dan diajarkan di sekolah dasar. Pendidikan jasmani pada anak adalah pendidikan gerak yang dilakukan dengan rasa senang dan gembira. Menurut Ateng (1992:4): "pendidikan jasmani merupakan usaha pendidikan dengan menggunakan aktivitas otot-otot besar hingga proses pendidikan yang berlangsung tidak terhambat oleh gangguan kesehatan dan pertumbuhan badan”.
Definisi pendidikan jasmani berbeda-beda namun pada umumnya definisi tersebut mengandung persamaan, inti dari pengertian pendidikan jasmani yakni bahwa pandidikan jasmani adalah pendidikan melalui gerak jasmani. perkembangan jasmani pada anak tidak dilihat dari proses kematangannya saja, tapi juga dipengaruhi oleh pengalaman gerak. Anak harus banyak mendapatkan kesempatan untuk bergerak dan bermain dalam kehidupannya. Namun kegiatan tersebut haruslah dengan pengawasan dan kontrol dari orang yang lebih dewasa.

Tujuan umum pendidikan jasmani di sekolah dasar adalah memacu kepada pertumbuhan dan perkembangan jasmani, mental, sosial dan emosional yang selaras dalam upaya  membentuk dan mengembangkan kemampuan gerak dasar, menanamkan nilai, sikap dan membiasakan hidup sehat.
Tujuan pendidikan jasmani menurut Syarifuddin dkk. (1992:5):
  • memacu perkembangan dan aktifitas sistem: peredaran darah, pencernaan, pernafasan dan persyarafan.
  • memacu pertumbuhan jasmani seprti bertambahnya tinggi dan berat badan.
  • menanamkan nilai-nilai disiplin, sportifitas dan tenggang rasa.
  • meningkatkan keterampilan melakukan kegiatan aktifitas jasmani dan memiliki sikap positif terhadap pentingnya melalukan aktifitas jasmani.
  • meningkatkan kesegaran jasmani.
  • meningkatkan pengetahuan pendidikan jasmani.
  • menanamkan kegemaran untuk melakukan aktifitas jasmani.  
Ruang Lingkup program pengajaran pendidikan jasmani si sekolah dasar, dari kelas I sampai dengan kelas VI, ditekankan pada usaha memacu pertumbuhan dan perkembangan jasmani, mental, emosianal dan sosial. jenis-jenis kegiatan yang diajarkan di sekolah dasar berdasarkan kurikulum 1994, meliputi:
a.       Kegiatan pokok yang terdiri dari :
·         Pengembangan Kemampuan Jasmani
·         Atletik
·         Senam
·         Permainan

b.      KegiatanPilihan
Kegiatan pilihan adalah suatu bentuk kegiatan jasmani, yang di tunjukkan untuk meningkatkan prestasi optimal siwa sekolah dasar, sesuai dengan bakat dan kegemarannya. Jenis kegiatan olahraga pilihan mulai diberikan pada siswa SD kelas II sampai kelas VI, yang terdiri atas:
  • Pencak Silat
  • Renang
  • Bulu Tangkis
  • Tenis Meja
  • Sepak Takraw
  • Permainan Tradisional
4.      Pentingnya Pendidikan Jasmani di SD
Pendidikan jasmani merupakan salah satu alat yang penting untuk merangsang pertumbuhan dan perkembangan amnesia, karena pendidikan jasmani sangat erat kaitannya dengan gerak manusia. Gerak bagi manusia sebagai aktivitas jasmani merupakan salah satu kebutuhan hidup yang sangat penting, yaitu sebagai dasar bagi manusia untuk belajar, baik untuk belajar mengenal alam sekitar dalam usaha memperoleh berbagai pengalaman berupa pengetahuan dan keterampilan, nilai dan sikap, maupun untuk belajar mengenal dirinya sendiri sebagai makhluk individu dan makhluk social dalam usaha penyesuaian dan pengajaran pendidikan jasmani yang diselenggarakan di sekolah dasar dapat terorganisasikan dengan baik, akan dapat memberikan sumbangan yang sangat berarti bagi pertumbuhan dan perkembangan murid-murid di SD, baik pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rihani yang harmonis, maupun dalam rangka menyiapkan murid-murid secara fisiologis yang mengarah kepada usaha-usaha keras yang sangat berguna untuk meningkatkan kemantapan jasmani dan rohani dalam membantu mengembangkan kemampuan dan kepribadian, yang sangat besar pengaruhnya terhadap penyesuaian diri di dalam lingkungannya.
Wujud dari pelaksanaan pengajaran pendidikan jasmani di sekolah dasar berpangkal pada gerak murid, yang menampakkan dirinya ke luar terutama dalam bentuk-bentuk aktivitas jasmaninya. Namun bukanlah semata-mata hanya berfungsi untuk merangsang dan mengembangkan organ-organ tubuh serta fungsinya saja, melainkan juga demi pembentukan dan pengembangan kepribadian yang utuh dan harmonis di dalam kehidupannya, yaitu dalam rangka membentuk manusia pembangunan yang dapat membangun dirinya sendiri dan yang secara bersama-sama bertanggung jawab atas pembangunan bangsa. Oleh sebab itu apabila program pendidikan jasmani yang diterapkan di SD dapat dilaksanakan secara wajar, maka akan dapat merupakan bagian yang sangat penting bagi kehidupan murid dan akan sangat berarti, serta bermanfaat dalam pendidikan.


Nama               : Teguh Illahi Widiyanto Budiman
NIM                            : 1500670
Mata Kuliah                : Filsafat Pendidikan Jasmani
Prodi                           : PGSD Penjas




SUMBER :
http://krisdaning217.blogspot.co.id/2012/03/pentingnya-pembelajaran-penjaskes-pada.html

Comments