keterlibatan masyarakat dalam sekolah

Nama   & NIM            : Teguh Illahi WB (1500670) & Andi Suprayogi (1500546)
Kelas                           : A
Program Studi             : PGSD Pendidikan Jasmani
Mata Kuliah                : Pengelolaan Pendidikan
Dosen Pengampu        : Dr. Asep Suryana, M.Pd.

Tugas tanggal 27 Juli 2016
1.      Sebutkan dan jelaskan jenis – jenis keterlibatan masyarakat dalam sekolah !
2.      Apa itu komite sekolah, apa tugas dan fungsi komite sekolah ?



Jawaban

1.      Keterlibatan masyarakat dalam pemajuan sekolah sangat di perlukan dan sangat penting, masyarakat harus ikut ambil bagian dalam pembangunan atau kegiatan yang ada di sekolah, peran masyarakat sangat dibutuhkan bagi kelangsungan kegiatan pendidikan di lingkungan sekolah. Undang – Undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003 BAB IV yang didalamnya memuat bahwasannya pendidikan merupakan tanggung jawab bersama antara pemerintah, masyarakat dan keluarga. Masyarakat juga dapat terlibat dalam memberikan bantuan dana, pembuatan gedung, area pendidikan, teknis edukatif seperti proses belajar mengajar, menyediakan diri menjadi tenaga pengajar, mendiskusikan pelaksanaan kurikulum, membicarakan kemajuan belajar dan lain-lain. Banyak hal yang bisa disumbangkan dan dilakukan oleh masyarakat untuk membantu terlaksananya pendidikan yang bermutu, mulai dari menggunakan jasa pelayanan yang tersedia sampai keikutsertaannya dalam pengambilan keputusan. Peran serta masyarakat dalam peningkatan mutu sekolah mencakup seluruh stake holder (orang tua, masyarakat dan komite sekolah). Jenis – jenis keterlibatan masyarakat dalam sekolah diantaranya :
a.       Bantuan Dana
Masyarakat harus ikut serta dalam pemberian bantuan dana yang telah di anggarkan dan di rencanakan oleh pihak sekolah untuk memajukan pendidikan disekolah, tentunya masrakat harus ikut berpartisispasi karena apabila masyarakat hanya diam dan mengandalkan sekolah, kegiatan pendidikan bisa saja terhambat atau bahkan berhenti harena kurangnya dana.
b.      Pembuatan Gedung, masyarakat harus ikut ambil bagian dalam pembangunan gedung-gedung sekolah yang menunjang kegiatan pembalajaran disekolah, masyarakt selain menyumbangkan dana haruslah ikut serta dalam pembangunannya seperti membantu menjadi pekerjanya dan sejenisnya.
c.       Area Pendidikan, masyarakat harus sadar akan pentingnya pendidikan bagi anak-anaknya dan kemajuan daerahnya, masyarakat harus membuat area edukatif seperti taman belajar, area membaca dll.
d.      Teknis Edukatif, masyarakat harus ikut serta memberikan proses belajar mengajar kepada siswa di lingkungannya seperti mengajarkan sopan santun, berprilaku social yang baik, khususnya orangtua siswa.
e.       Menyediakan diri sebagai Pengajar, masyarakat harus siap menyediakan diri sebagai staf pengajar apabila sewaktu-waktu di butuhkan, agar proses belajar mengajar terus berjalan.
f.        Mendiskusikan kurikulum, masyarakat dalam pelaksanaan kegiatan sekolah tentunya harus selalu di libatkan seperti pada pembhasan kurikulum, masyarakat harus ikut menentukan kurikulum seperti apa yang harus di buat atau dihilangkan dalam pembelajaran karena masyarakatlah yang lebih paham dengan lingkunganya.
g.      Mendiskusikan kemajuan belajar siswa. Masyarakat harus menyampaiakan kepad sekolah seperti apakah kemajuan belajar siswa khususnya dirumah, aga sekolah dapat mengevaluasikan diri.

2.      Menurut UU RI nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, komite sekolah/madrasah adalah lembaga mandiri yang beranggotakan orang tua/wali peserta didik, komunitas sekolah, serta tokoh masyarakat yang peduli pendidikan. Dari pengertian tersebut, Anda dapat simpulkan bahwa komite sekolah terdiri atas unsur: orang tua siswa, wakil tokoh masyarakat (bisa ulama/rohaniwan, budayawan, pemuka adat, pakar atau pemerhati pendidikan, wakil organisasi masyarakat, wakil dunia usaha dan industri, bahkan kalau perlu juga wakil siswa, wakil guru-guru, dan kepala sekolah..
Tugas utama komite sekolah ialah membantu penyelanggaraan pendidikan di sekolah dalam kapasitasnya sebagai pemberi pertimbangan, pendukung program, pengontrol, dan bahkan mediator. Untuk memajukan pendidikan di sekolah, komite sekolah membantu sekolah dalam penyelenggaraan proses belajar mengajar, manajemen sekolah, kelembagaan sekolah, sarana dan prasarana sekolah, pembiayaan pendidikan, dan mengkoordinasikan peran serta seluruh lapisan masyarakat. Kedudukannya sebagai mitra sekolah.

Fungsi Dewan Pendidikan dan Komite Sekolah merupakan:
·         Advisory agency (pemberi pertimbangan)
Komite sekolah akan memberi pertimbangan terkait yang di rancangkan oleh pihak sekolah untuk kegiatan persekolahanya.
·         Supporting agency (pendukung kegiatan layanan pendidikan)
Komite sekolah akan selalu mendukung kegiatan layanan pendidikan apabila itu baik dan tidak memberatkan sekolah dan orangtua siswa.
·         Controlling agency (pengontrol kegiatan layanan pendidikan)
Komite sekolah sebagai pengawas apakah dalam pelayanan pendidikan disekolah baik atau tidak terjadi penyalahgunaan tugas dan fungsinya atau tidak.  
·         Mediator, penghubung, atau pengait tali komunikasi antara masyarakat dengan pemerintah.
Komite sekolah sebagai perwakilan dari masyarakat, senantiasa mendengarkan aspirasi masyarakat untuk disampaiakan kepada sekolah, sehingga aspirasi mereka dapat dipertimbangkan dalam penentuan kebijakan sekolah.

Pada dasarnya pemberdayaan komite sekolah dalam konteks MBS adalah melalui koodinasi dan komunikasi. Koordinasi yang dilakukan kepala sekolah dengan para guru dan masyarakat dapat dilakukan secara vertikal, horisontal, fungsional, dan diagonal. Koordinasi dapat juga dilakukan secara internal dan eksternal. Koordinasi dilakukan secara terus menerus sebagai upaya konsolidasi untuk memperkuat kelembagaan dalam mencapai tujuan. Tidak hanya itu, pemberdayaan juga dapat dilakukan dengan menjalin komunikasi yang baik. Komunikasi dalam konteks tatakrama profesional dapat meningkatkan hubungan baik antara pimpinan sekolah dengan para guru dan staf, dan pihak sekolah dengan komite sekolah. 


Sumber :
http://www.kompasiana.com/ichey_trezna/peran-masyarakat-dalam-peningkatan-mutu-sekolah-pendidikan_552bf29c6ea83402758b4571
Tim dosen Adminitrasi Pendidikan.(2015). Buku pegangan : Manajemen Pendidikan.Bandung, UPI : Alfabeta.

Comments