SKABIES (KUDIS)


NAMA                  : TEGUH ILLAHI WIDIYANTO BUDIMAN
NIM                      : 1500670
MATA KULIAH   : PENDIDIKAN KESEHATAN DAN GIZI

SKABIES (KUDIS) – PENYEBAB, GEJALA, DAN PENGOBATAN
Kudis adalah penyakit yang bukan karena suatu infeksi, tetapi sengatan kutu. TungauSarcoptes scabieiberukuran kecil yang senang bersarang di lapisan luar kulit manusia. Tungau menggali terowongan dan bertelur di dalam kulit sehingga penderitanya dapat merasa gatal dan kemerahan di kulitnya.
Ketika seseorang terkena kudis untuk pertama kalinya, butuh 4-6 minggu untuk kulit bereaksi. Gejala yang paling umum adalah:
·         Gatal intens, terutama pada malam hari
·         Ruam seperti jerawat
·         Lecet
·         Luka yang disebabkan oleh garukan
Pada tahap awal, kudis mungkin keliru untuk kondisi kulit lainnya karena ruam terlihat mirip dengan jerawat, gigitan nyamuk, dan kudis. Apa yang mengarahkan ke kudis? Gatal tanpa henti. Gatal biasanya paling parah pada anak-anak dan orang tua, dan gatal akan semakin parah ketika malam hari karena tungau mulai aktif di kulit.
Ciri lain dari kudis adalah munculnya liang seperti terowongan di kulit. Garis-garis pada kulit yang lebih timbul biasanya berwarna kulit atau berwarna putih keabu-abuan. Terowongan ini diciptakan ketika tungau betina masuk tepat di bawah permukaan kulit. Setelah membuat liang, masing-masing tungau betina meletakkan 10-25 telur di dalamnya.

Tungau kudis dapat hidup
di mana saja pada tubuh, tetapi beberapa tempat favorit mereka termasuk:
·         Sela jari
·         Lipatan pergelangan tangan, siku, lutut
·         Sekitar pinggang dan pusar
·         Pada lipatan payudara atau alat kelamin serta selangkangan
·         Kepala, leher, wajah, telapak tangan, dan telapak kaki pada anak-anak yang sangat muda
Kebanyakan orang dengan kudis hanya membawa 10-15 tungau pada waktu tertentu, dan masing-masing tungau kurang dari setengah milimeter panjangnya. Hal ini membuat mereka sangat sulit untuk terlihat oleh mata telanjang. Untuk mata telanjang, mereka mungkin terlihat seperti titik-titik hitam kecil pada kulit. Sebuah mikroskop dapat mengidentifikasi tungau, telur, atau kotoran tungau yang diambil dari cutikan kulit.
Bagaimana Kudis Menyebar?
Kudis biasanya menyebar dengan kontak kulit ke kulit sehingga memberikan waktu untuk tungau merangkak dari satu orang ke orang lain. Barang-barang pribadi yang digunakan bersama, seperti tempat tidur atau handuk, kadang-kadang juga dapat menjadi media penjalaran tungau. Kudis dapat menular dengan mudah dalam anggota keluarga atau pasangan seksual. Namun, kudis tidak mungkin menyebar melalui jabat tangan atau pelukan yang dilakukan dengan cepat. Tungau tidak bisa melompat atau terbang, dan merangkaknya pun sangat lambat.
Dapatkah Tertular Kudis dari Hewan Piaraan?
Anjing dan kucing juga dapat tertular kudis. Namun, kudis anjing dan kucing tidak disebabkan oleh jenis tungau yang sama dengan jenis tungau manusia. Anda bisa saja terkena tungau dari hewan piaraan, tetapi tungau ini tidak dapat bereproduksi pada kulit manusia. Ini berarti manusia tidak dapat tertular kudis dari hewan karena tungau hewan biasanya mati pada kulit manusia dan tidak menyebabkan gejala yang serius.
Siapa Saja yang Tertular Kudis?
Siapapun bisa tertular kudis, tetapi orang-orang yang berisiko tinggi meliputi:
·         Orang dewasa yang aktif secara seksual
·         Narapidana di penjara
·         Orang-orang yang tinggal secara berasrama
·         Orang yang tinggal dalam kondisi yang penuh sesak
·         Orang-orang di fasilitas penitipan anak
Komplikasi Kudis
Gatal intens kudis membuatnya sulit tidak digaruk. Sering menggaruk dapat membuat luka terbuka yang rentan terhadap infeksi. Infeksi kulit bakteri, seperti impetigo, adalah komplikasi yang paling umum dari kudis. Gejala yang dapat muncul meliputi cairan berwarna madu, mengalir keluar dari kulit yang lecet. Jenis infeksi ini biasanya harus diobati dengan salep antibiotik.
Mendiagnosis Kudis
Dalam kebanyakan kasus, dokter dapat mengidentifikasi kudis berdasarkan munculnya ruam dan deskripsi dari gatal yang makin gatal ketika malam hari. Kadang-kadang sampel cutikan kulit digunakan untuk mengkonfirmasi diagnosis. Kulit dari daerah yang terkena diperiksa menggunakan mikroskop untuk mendapatkan sampel tungau, telur, atau kotoran tungau.
Mengobati Skabies
Salep untuk Skabies
Kudis tidak akan pergi dengan sendirinya namun hanya dapat disembuhkan dengan obat resep yang membunuh tungau. Pengobatan krim atau salep yang dioleskan ke seluruh tubuh dari leher ke bawah dalam banyak kasus kemudian salep dibiarkan selama 8-14 jam dan kemudian dicuci. Dalam beberapa kasus, dokter mungkin meresepkan pil untuk mengobati kudis. Perawatan memakan waktu hingga tiga hari, tergantung pada obat-obatan yang digunakan.
Obat Gatal
Sementara resep untuk membunuh tungau dan telur, dokter juga akan memberikan resep obat gatal. Untuk mengontrol gatal, terutama pada malam hari, pil antihistamin dapat membantu. Krim hidrokortison juga dapat membantu, tetapi dapat mengubah tampilan ruam kudis, membuat kondisi lebih sulit untuk didiagnosis. Krim steroid lebih baik digunakan setelah salep skabies telah diberikan.
Ketika seseorang didiagnosis dengan kudis, siapa saja yang memiliki kontak fisik dekat dengan orang tersebut juga harus diobati. Hindari kontak termasuk mandi bersama-sama, tidur di ranjang yang sama, atau bahkan memegang tangan. Dokter biasanya merekomendasikan memeriksakan semua anggota keluarga yang tinggal serumah, bahkan jika gejala kudis belum muncul. (Ingat, kudis membutuhkan 4–6 minggu untuk gejala muncul).
Membersihkan Rumah dari Skabies
Tungau kudis dapat hidup sampai 2-3 hari di permukaan pakaian, selimut, atau handuk. Untuk memastikan tungau ini mati, cuci setiap lembar pakaian, selimut, maupun handuk yang digunakan oleh orang yang terkena dalam tiga hari terakhir. Cuci barang-barang tersebut dalam air panas dan keringkan dengan pengering panas atau keringkan ke tempat pengering yang bersih. Barang yang tidak dapat dicuci harus ditempatkan dalam kantong plastik tertutup selama tujuh hari.
Obat kudis dapat membunuh tungau dan telur dengan cepat, dan pasien biasanya dapat kembali ke sekolah atau bekerja 24 jam setelah memulai pengobatan. Namun, gatal dapat bertahan selama beberapa minggu. Hal ini adalah hasil dari reaksi alergi yang sedang berlangsung di kulit. Jika gatal terus selama lebih dari empat minggu atau ruam baru muncul, kunjungi dokter. Mungkin Anda perlu mengajukan permohonan resep obat kudis kembali.

SUMBER :

Comments