TEKNIK-TEKNIK DASAR PEMAHAMAN INDIVIDU (RESUME)

TEKNIK-TEKNIK DASAR PEMAHAMAN INDIVIDU

Dalam bimbingan dan konseling, sebagai seorang konselor hendaknya mengetahui teknik-teknik pemahaman kepada individu. Melakukan pemahaman terhadap individu merupakan suatu langkah yang harus dilakukan oleh seorang konselor, karena untuk menentukan bantuan yang tepat dalam menyelesaikan permasalahan individu perlu dilakukan pemahaman akan sifat-aifat ataupun masalah yang sedang dialami oleh individu sehingga jenis bantuan yang digunakan tepat dan sesuai. Bantuan yang diberikan mengarah pada jenis-jenis masalah individu, khususnya dalam lingkup sekolah, yang meliputi masalah pendidikan, masalah karier, dan masalah pribadi ataupun sosial dimana cara penyelesaian dan penanganan suatu masalah setiap individu pasti berbeda.

Untuk dapat memahami murid maka konselor/ pembimbing perlu mengumpulkan data tentang murid. Namun, dengan karakteristik setiap individu yang pasti berbeda, ada individu yang terbuka kepada konselor dan ada pula individu yang tertutup kepada konselor maka konselor akan memiliki kesulitan dalam mencari data tentang seorang konseli. Oleh karena itu, dalam bimbingan dan konseling teknik-teknik dasar pemahaman individu akan dijelaskan secara terperinci sebagai salah satu pelayanan dalam bimbinga dan konseling.
Mengenai teknik-teknik bimbingan dan konseling, H.M. Umar dan Sartono: Bimbingan dan Penyuluhan (1998:151) menyatakan bahwa pada garis besarnya, cara-cara yang dipergunakan dalam bimbingan dan konseling ada dua macam, yaitu pendekatan secara kelompok (group guidance) dan pendekatan secara individu (individual konseling).
( http://counselingtreatment.weebly.com/ )

Beberapa teknik pengumpulan data untuk memahami murid antara lain :

1.      Wawancara atau Interview
wawancara atau sering disebut juga Interview mempunyai definisi suatu proses komunikasi interaksional antara dua pihak. Cara komunikasi yang dilakukan dengan dialog (Tanya-jawab) secara lisan, baik langsung maupun tidak langsung yang mempunyai tujuan tertentu yang spesifik.

Kelebihan :
a.       Wawancara merupakan teknik yang htepat untuk mengungkapkan keadaan pribadi.
b.       Dapat dilaksanakan kepada setiap individu, setiap umur.
c.       Kerahasiaan pribadi lebih terjamin,

Kekurangan :
a.       Wawancara terlalu banyak memakan waktu dan mungkin pula tenaga dan biaya.
b.      Sangat tergantung kepada individu yang akan diwawancarai.

2.      Observasi
Observasi adalah suatu penyelidikan yang dijalankan secara sistematis dan sengaja diadakan dengan menggunakan alat indra terutama mata terhadap kejadian-kejadian yang langsung (Bimo Walgito, 1987:54). Observasi adalah suatu tehnik untuk mengamati secara langsung maupun tidak langsung gejala-gejala yang sedang/berlangsung baik di dalam sekolah maupun di luar sekolah (Djumhur, 1985:51).

Macam-macam Observasi :
1.      Menurut peranan observer
a.       Observasi Partisipan 
b.      Observasi Non Partisipan 
c.       Observasi Kuasi partisipasi 

2.      Menurut situasinya
a.       Free Situation 
b.      Manipulated Stuation 
c.       Partially Controlled Situation

3.      Menurut sifatnya.
a.       Observasi
b.      Observasi Non Sistematis

Kelebihan :
·         Observasi merupakan teknik yang langsung dapat digunakan untuk memperhatikan.
·         Berbagai gejala. Banyak aspek tingkah laku manusia ataupun situasi yang hanya dapat diteliti melalui observasi langsung.
·         Observasi memungkinkan pencatatan yang serempak dengan terjadinya suatu gejala atau kejadian yang penting.
Kekurangan :
·         Banyak hal yang tidak dapat diungkap dengan observasi. Misalnya kehidupan pribadi seseorang yang sangat dirahasiakan.
·         Apabila obyek observasi tahu bahwa dia sedang diobservasi, ia dapat melakukan kegiatannya dengan tidak wajar.
·         Observasi banyak tergantung dari faktor yang tidak terkontrol.

4.      Angket atau daftar isian
Angket adalah suatu alat pengumpul data yang berupa serangkaian pertanyaan yang diajukan pada responden untuk mendapat jawaban (Depdikbud:1975). Angket adalah suatu daftar atau kumpulan pertanyaan tertulis yang harus dijawab secara tertulis juga (WS. Winkel, 1987). Angket merupakan teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan mengadakan komunikasi dengan sumber data (I. Djumhur, 1985).

Kelebihan :
§  Merupakan metode yang praktis, karena dapat dipergunakan untuk mengumpulkan data kepada sejumlah responden dalam jumlah yang banyak dan waktu yang singkat.
§  Merupakan metode yang ekonomis, dari segi tenaga yang dibutuhkan.
§  Setiap responden menerima sejumlah pertanyaan yang sama.
                    
Kekurangan :
§  Sulit untuk mendapat jaminan bahwa responden akan memberikan jawaban yang tepat.
§  Terbatas hanya pada responden yang bisa membaca dan menulis.
§  Karena tidak berhadapan langsung dengan responden, maka bila ada pertanyaan yang kurang jelas, responden tidak dapat mendapatkan keterangan lebih lanjut.

5.      Sosiometri
Sosiometri adalah alat yang tepat untuk mengumpulkan data mengenai hubungan-hubungan sosial dan tingkah laku sosial murid. (I. Djumhur dan Muh. Surya, 1985). Sosiometri adalah alat untuk meneliti struktur sosial dari suatu kelompok individu dengan dasar penelaahan terhadap relasi sosial dan status sosial dari masing-masing anggota kelompok yang bersangkutan (Depdikbud, 1975). Sosiometri adalah alat untuk dapat melihat bagaimana hubungan sosial atau hubungan berteman seseorang (Bimo Walgito, 1987).

Macam Sosiometri   
Tes Sosiometri ada dua macam , yaitu :
1)      Tes yang mengharuskan untuk memilih beberapa teman dalam kelompok sebagai pernyataan kesukaan untuk melakukan kegiatan tertentu (criterium) bersama-sama dengan teman-teman yang dipilih.
2)      Tes yang mengharuskan menyatakan kesukaannya atau ketidaksukaannya terhadap teman-teman dalam kelompok pada umumnya.

6.      Pemeriksaan fisik dan kesehatan
Pemeriksaan fisik adalah melakukan pemeriksaan fisik klien untuk menentukan masalah kesehatan klien. Pemeriksaan fisik dapat dilakukan dengan berbagai cara, diantaranya adalah :
Ø  Inspeksi : Pemeriksaan yang dilakukan dengan cara melihat bagian tubuh yang diperiksa melalui pengamatan.
Ø  Palpasi : Pemeriksaan fisik yang dilakukan melalui perabaan terhadap bagian-bagian tubuh yang mengalami kelainan. 
Ø  Auskultasi : Pemeriksaan fisik yang dilakukan melalui pendengaran. Biasanya menggunakan alat yang disebut dengan stetoskop. 
Ø  Perkusi : Pemeriksaan fisik yang dilakukan dengan mengetuk bagian tubuh menggunakan tangan atau alat bantu seperti reflek hammer untuk mengetahui reflek seseorang (dibicarakan khusus). Juga dilakukan pemeriksaan lain yang berkaitan dengan kesehatan fisik klien. Misalnya : kembung, batas-batas jantung, batas hepar-paru (mengetahui pengembangan paru), dll.

7.      Test hasil belajar
Tes hasil belajar adalah salah satu alat ukur yang paling banyak digunakan untuk mengetahui hasil belajar seseorang dalam proses belajar-mengajar atau suatu program pendidikan. Karena sedemikian banyak tes itu digunakan dalam dunia pendidikan, maka untuk memperoleh data hasil belajar dapat dilakukan dengan memberikan test hasil belajar dengan langkah-langkah yang ditempuh ialah dengan mencari rata-rata seluruh nilai dalam raport untuk setiap murid.
Tujuan utama penggunaan tes prestasi  belajar adalah agar guru dapat membuat keputusan-keputusan seleksi dan klasifikasi serta menentukan keefektifan pengajaran. Tes ini meliputi :
        i.            Tes diagnostik, yang dirancang agar guru dapat mengetahui letak kesulitan murid, terutama dalam berhitung dan membaca.
      ii.            Tes prestasi belajar kelompok yang baku.
    iii.            Tes prestasi belajar yang disusun guru

8.      Tes psikologis
Tes Psikologis atau lebih dikenal sebagai Psikotes adalah tes untuk mengukur aspek individu secara psikis. Tes dapat berbentuk tertulis, visual, atau evaluasi secara verbal yang teradministrasi untuk mengukur fungsikognitif (perilaku manusia) dan emosional. Tes dapat diaplikasikan kepada anak-anak maupun dewasa.

9.      Biografi
Biografi adalah kisah atau keterangan tentang kehidupan seseorang. Sebuah biografi lebih kompleks daripada sekedar daftar tanggal lahir atau mati dan data-data pekerjaan seseorang.

10.  Studi documenter
Studi dokumenter adalah salah satu metode pengumpulan data yang dipergunakan pembimbing dengan jalan melihat/meneliti data-data dokumen siswa yang tersimpan di sekolah/tempat lain. Data pada studi dokumenter adalah data masa lalu, namun demikian dapat untuk meramalkan atau mengungkapkan keadaan/kondisi sekarang. Sumber data studi dokumenter dapat dilihat dari : Buku induk,  Buku pribadi/kartu pribadi, Rapor, Surat-surat keterangan, Buku absen, Kartu pembayaran SPP, OSIS, BP-3, Hasil pengisian angket, cek list, rating scale, hasil karyanya, seperti lukisan, karangan, ketrampilan tangan dll.

11.  Studi kasus
Studi kasus adalah suatu teknik mempelajari seseorang individu secara mendalam untuk membantu memperoleh penyesuaian diri yang lebih baik (I. Djumhur, 1985). Studi kasus adalah metode pengumpulan data yang bersifat integratif dan komprehensif. Integratif artinya menggunakan berbagai teknik pendekatan dan bersifat komprehensif artinya data yang dikumpulkan meliputi seluruh aspek pribadi individu secara lengkap (Dewa Ketut Sukardi,1983 )

Hal- hal yang perlu dipahami dari seorang individu dalam rangka memahami individu adalah sebagai berikut :
1. Identitas diri, yaitu berbagai aspek yang secara langsung menjadi keunikan pribadi.
2. Kondisi jasmaniah dan kesehatan.
3. Kapasitas (intelegensi) dan kecakapan.
4. Sikap dan minat.
5. Watak dan temperamen.
6. Cita-cita sekolah dan pekerjaan
7. Aktivitas sosial.
8. Hobi dan pengisian waktu luang.
9. Kelebihan atau keluarbiasaan dan kelainan-kelainan yang dimiliki.
10. Latar belakang keluarga siswa.

Nama               : Teguh Illahi Widiyanto Budiman
NIM                : 1500670
Kelas/Prodi     : A / PGSD Penjas
Matkul             : Bimbingan dan Konseling
Tanggal           : 21 Maret 2016



Referensi :

http://nurrulwahiddahh.blogspot.com/2014/06/makalah-teknik-teknik-dasar-pemahaman.html
http://indhprmtsri.blogspot.co.id/2015/03/teknik-teknik-dasar-pemahaman-individu.html

Comments