( RPP )
Sekolah
|
: SDN CEMPEH III KAB.INDRAMAYU
|
Mata Pelajaran
|
: Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
|
Kelas/Semester
|
: 4 ( Empat )/ I (Satu )
|
Pertemuan ke
|
: 6 ( Enam ) dan
7 ( Tujuh )
|
Alokasi Waktu
|
: 4 x 35 Menit
|
Standar Kompetensi : 1. Mempraktikkan gerak dasar ke
dalam permainan sederhana dan olahraga serta nilai-nilai yang terkandung
didalamnya
Kompetensi Dasar : 1.2 Mempraktikkan gerak dasar
atletik sederhana, serta nilai semangat,
percaya diri dan disiplin**)
A. Tujuan Pembelajaran:
- Siswa dapat melakukan dan
memahami dasar-dasar atletik
- Siswa dapat memahami cara
melakukan lari dalam pengaturan napas
v Karakter siswa yang diharapkan :
·
Disiplin
( Discipline )
·
Tekun
( diligence )
·
Tanggung
jawab ( responsibility )
·
Ketelitian
( carefulness)
·
Kerja
sama ( Cooperation )
·
Toleransi
( Tolerance )
·
Percaya
diri ( Confidence )
·
Keberanian
( Bravery )
B. Materi Ajar (Materi Pokok):
- Dasar-dasar Atletik / Lari
C. Metode Pembelajaran:
- Ceramah
- Demonstrasi
- Praktek
D. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan 6 dan 7
- Kegiatan Awal:
–
Siswa
dibariskan menjadi empat barisan
–
Mengecek
kehadiran siswa
–
Menegur
siswa yang tidak berpakaian lengkap
–
Melakukan
gerakan pemanasan yang berorientasi pada kegiatan inti
–
Mendemonstrasikan
materi inti yang akan dilakukan/dipelajari
- Kegiatan Inti:
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
– Siswa
dapat melakukan dan memahami dasar-dasar atletik
–
Melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
–
Memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
– Melakukan
gerakan lari di tempat, perlahan-lahan , lalu cepat
– Melakukan
gerakan lari ke berbagai arah dan kecepatan, berlari ke depan, berlari ke
samping, berlari mundur
– Berlari
dengan jarak-jarak tertentu
–
Mempraktekkan tekhnik berlari dengan mengatur
irama langkah dan pernapasan pada saat berlari dengan jarak agak jauh di sesuaikan dengan kondisi anak
–
Memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
–
Memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
–
Memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
–
Memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
–
Memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
–
Memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
–
Memfasilitasi
peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang
dihasilkan;
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
–
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
–
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan.
§ Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
– Siswa
di kumpulkan mendengarkan penjelasan dari guru tentang materi yang telah
dilakukan/ diajarkan
– Memperbaiki
tentang kesalahan-kesalahan gerakan dan tekhnik
dalam Atletik/ lari
– Berdoa
E. Alat dan Sumber Belajar:
- Buku Penjaskes kls. 4
- Lapangan
- Pluit
F. Penilaian:
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
·
Melakukan gerakan lari ditempat
·
Melakukan gerakan lari dengan berbagai arah
dan kecepatan
·
Melakukan gerakan lari dengan berbagai jarak
·
Mengatur irama langkah dan pernapasan saat
lari
|
Tes
Praktik
|
Tes ketrampilan
Pengamatan
|
Tes :
·
Melaku-kan
lari mengangkat paha
·
Melakukan lari tumit ke belakang
·
Melakukan lari tungkai disepakan ke depan
·
Melakukan jalan santai ( joging )
·
Melakukan lari cepat
·
Melakukan lomba memindahkan batu
|
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* Semua
benar
* Sebagian
besar benar
* Sebagian
kecil benar
* Semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
* Pengetahuan
* Kadang-Kadang Pengetahuan
* Tidak Pengetahuan
* Aktif Praktek
* Kadang-Kadang Aktif
* Tidak Aktif
* Sikap
* Kadang-Kadang Sikap
* Tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.
Mengetahui,
Kepala SDN
CEMPEH III
( SARDANA, S.Pd)
NIP/NIK :
|
Indramayu, 7
November 2016
Guru Mapel
PJOK
( TEGUH ILLAHI WB )
NIM: 1500670
|
Comments
Post a Comment