( RPP )
Sekolah
|
: SDN CEMPEH III KAB.INDRAMAYU
|
Mata Pelajaran
|
: Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
|
Kelas/Semester
|
: 5 ( lima )/I I (dua)
|
Pertemuan ke
|
: 1
|
Alokasi Waktu
|
: 1 x 35 Menit
|
Standar Kompetensi : 1.0 Mempraktikkan
gerak dasar renang gaya punggung, dan
nilai-nilai yang terkandung di dalamnya*)
Kompetensi Dasar : 1.1 Mempraktikkan
gerak dasar renang gaya punggung: meluncur, menggerakkan tungkai, menggerakkan
lengan, serta nilai kebersihan, keberanian dan percaya diri
1.2 Mempraktikkan kombinasi gerakan lengan dan
tungkai renang gaya punggung, serta nilai keberanian dan percaya diri
A. Kegiatan Pembelajaran :
1.1
Melakukan gaya renang dan bentuk renang
1.2
Melakukan latihan tehnik posisi badan
1.3
Melakukan bentuk-bentuk posisi badan atau meluncur
1.4
Melakukan latihan tehnik gerakan kaki
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian
( Bravery )
A. Materi Ajar (Materi Pokok):
- Renang gaya punggung
B. Metode Pembelajaran:
- Ceramah
- Demonstrasi
- Praktek
- Evaluasi
C. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan 1
- Kegiatan Awal:
Dalam kegiatan Awal,
guru:
F
Siswa
dibariskan menjadi empat barisan
F
Mengecek
kehadiran siswa
F
Melakukan
gerakan pemanasan yang berorientasi pada kegiatan inti
F
Mendemonstrasikan
materi inti yang akan dilakukan/dipelajari
§ Eksplorasi
F
Melakukan
gerakan meluncur renang gaya punggung
F
Melakukan
gerakan menempelkan ke dua kaki ke dinding kolam
F
Memperagakan
gerak ayunan lengan 360 drajat di kolam
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F
memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
F
memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F
memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F
memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang
dihasilkan;
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Siswa di kumpulkan mendengarkan penjelasan
dari guru tentang materi yang telah dilakukan/ diajarkan
F Memperbaikai tentang kesalahan-kesalahan-
gerakan gerakan yang dilakukan pada senam ritmik
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
- Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
o
Siswa
di kumpulkan mendengarkan penjelasan dari guru tentang materi yang telah
dilakukan/ diajarkan
o
Memperbaikai
tentang kesalahan-kesalahan- gerakan gerakan renang gaya punggung
o
Menutup
dengan doa
D. Alat dan Sumber Belajar:
- Buku Penjaskes kls. 5
- Diktat senam
- Kolam renang
- Pelampung
- Stop watch
- Pluit
E. Penilaian:
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
·
Melakukan gerakan meluncur
·
Memperagakan gerak ayunan lengan dalam gaya
punggung
·
Melakukan
gerakan kaki dalam gaya punggung
·
Melakukan koordinasi gerakan lengan dan kaki
gaya punggung
·
Melakukan gerakan renang gaya punggung di
mulai dari gerakan meluncur.
|
Test praktik
Test perorangan
Test praktik
Test perorangan
|
Test praktik
Test demonstrasi
Test ketrampilan
Test praktik
Test demonstrasi
Test ketrampilan
|
Praktikanlah gerakan renang
gaya punggung
Praktikanlah tehnik badan dan
kaki
Praktikkanlah gerakan renang
gaya punggung dari awal sampai akhir
|
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.
Mengetahui,
Kepala SD/MI
....................
( .............................................. )
NIP/NIK :
|
…………............,
................. 2016
Guru Mapel
PJOK
(TEGUH ILLAHI WIDIYANTO B)
NIM : 1500670
|
Comments
Post a Comment