RPP Renang kelas 5 semester 1













RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah
:   SDN CEMPEH III KAB.INDRAMAYU
Mata Pelajaran
:   Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester
:  5 ( lima )/I I (dua) 
Pertemuan ke
:   1
Alokasi Waktu
:   1  x 35 Menit


Standar Kompetensi : 1.0   Mempraktikkan gerak dasar renang gaya punggung, dan  nilai-nilai yang terkandung di dalamnya*)

Kompetensi Dasar    : 1.1   Mempraktikkan gerak dasar renang gaya punggung: meluncur, menggerakkan tungkai, menggerakkan lengan, serta nilai kebersihan, keberanian dan percaya diri
                                      1.2   Mempraktikkan kombinasi gerakan lengan dan tungkai renang gaya punggung, serta nilai keberanian dan percaya diri

A. Kegiatan Pembelajaran :
1.1 Melakukan gaya renang dan bentuk renang
1.2 Melakukan latihan tehnik posisi badan
1.3 Melakukan bentuk-bentuk posisi badan atau meluncur
1.4 Melakukan latihan tehnik gerakan kaki


v  Karakter siswa yang diharapkan :  Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
                                                                  Keberanian ( Bravery )

A.    Materi Ajar (Materi Pokok):
  • Renang gaya punggung


B.     Metode Pembelajaran:
  • Ceramah
  • Demonstrasi
  • Praktek
  • Evaluasi

C.    Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan 1
  • Kegiatan Awal:
Dalam kegiatan Awal, guru:
F Siswa dibariskan menjadi empat barisan
F Mengecek kehadiran siswa
F Melakukan gerakan pemanasan yang berorientasi pada kegiatan inti
F Mendemonstrasikan materi inti yang akan dilakukan/dipelajari
§ Eksplorasi
F Melakukan gerakan meluncur renang gaya punggung
F Melakukan gerakan menempelkan ke dua kaki ke dinding kolam
F Memperagakan gerak ayunan lengan 360 drajat di kolam
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Siswa di kumpulkan mendengarkan penjelasan dari guru tentang materi yang telah dilakukan/ diajarkan
F Memperbaikai tentang kesalahan-kesalahan- gerakan gerakan yang dilakukan pada senam ritmik
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
  • Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
o   Siswa di kumpulkan mendengarkan penjelasan dari guru tentang materi yang telah dilakukan/ diajarkan
o   Memperbaikai tentang kesalahan-kesalahan- gerakan gerakan renang gaya punggung
o   Menutup dengan doa

D.    Alat dan Sumber Belajar:
  • Buku Penjaskes kls. 5
  • Diktat senam
  • Kolam renang
  • Pelampung
  • Stop watch
  • Pluit

E.     Penilaian:
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
·   Melakukan gerakan meluncur
·   Memperagakan gerak ayunan lengan dalam gaya punggung
·   Melakukan  gerakan kaki dalam gaya punggung
·   Melakukan koordinasi gerakan lengan  dan kaki  gaya punggung
·   Melakukan gerakan renang gaya punggung di mulai dari gerakan meluncur.
Test praktik

Test perorangan

Test praktik

Test perorangan





Test praktik
Test demonstrasi

Test ketrampilan

Test praktik

Test demonstrasi

Test ketrampilan

Praktikanlah gerakan renang gaya punggung
Praktikanlah tehnik badan dan kaki


Praktikkanlah gerakan renang gaya punggung dari awal sampai akhir







FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.



3.
Pengetahuan



Praktek



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

4
2
1

 LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan

Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.







 
CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
                                                                                       


 
Mengetahui,
Kepala SD/MI ....................



( .............................................. )
  NIP/NIK :

…………............, ................. 2016
Guru Mapel PJOK



(TEGUH ILLAHI WIDIYANTO B)
       NIM : 1500670




Comments